Minggu, 26 Juni 2016

[PosBarBBI] My Bookish Confession

Haihoooo….

Jadi ini adalah kali pertama saya ikut posting barengnya BBI (anggota macam apa ini --“). Mohon dimaafkan yaa Divisi Event…hehe. Gegara hampir dua tahun jadi anggota BBI dan nggak pernah sekalipun ikutan posting bareng maka bulan ini saya bertekad harus ikutan posting bareng. Tema posbar di bulan Juni ini adalah #BBIBookishConfession yang berisi pengakuan anggota BBI tentang hubungan mereka dengan buku. Jadi kali ini mau ngaku apa aja tentang buku yang selama ini disembunyikan dari khalayak ramai adalah sah-sah saja. Nggak ada yang larang …. Yess!!!.

Setelah menimbang-nimbang dan bersemedi cukup lama maka saya memutuskan untuk membuat semacam daftar pengakuan tentang buku yang selama ini bersinggungan dengan saya. Ini tak lebih agar mudah disimak saja :D

Langsung saja ya, berikut adalah daftar pengakuan saya:

1. Buku pertama (yang lumayan serius) yang saya beli dengan uang jajan yang dikumpulin berjudul Muslimah Topcer ketika saya kelas satu SMP. Buku itu entah ada dimana sekarang (gegara buku-buku di rumah sering pindah rak) dan saya lupa nama penulisnya :(. Isi buku itu sedikit tidak mempengaruhi cara berpikir saya saat ini.

 2. Dulu Bapak tidak suka melihat saya membaca buku selain buku-buku pelajaran. Tapi saya bandel, tetap saja rutin beli buku novel dan ngabisin waktu berjam-jam untuk membacanya. Sekarang Bapak nggak pernah protes lagi mungkin karena saya tetap jadi anak baik di bidang akademik atau Bapak juga sudah bosan untuk berkomentar …heuheu

3. Waktu SMA saya suka banget baca majalah Horison di perpustakaan sekolah. Pada tahu kan majalah Horison itu majalah apa. Itu lho majalah sastra yang banyak berisi cerpen-cerpen dan puisi-puisi para sastrawan Indonesia. Saya suka membaca puisi-puisi di sana. Mungkin gara-gara itu saya jadi sok puitis suka puisi. Nggak tahu deh apa majalah ini masih eksis di sekolah, yang jelas sekarang majalah ini ada versi onlinenya.

4. Pengalaman pertama saya dalam meresensi atau mereview buku adalah ketika saya kelas satu SMA. Waktu itu di pelajaran Bahasa Indonesia ada tugas meresensi buku. Buku yang saya resensi adalah bukunya Ramadhan KH yang berjudul Keluarga Permana. Buku ini saya pinjam dari perpustakaan sekolah.

5. Saya penyuka kisah Romance yang happy ending. Pokoknya harus happy ending. Egois sih, tapi ya mau gimana. Tak bisakah setiap kisah berakhir bahagia?

6. Penulis Romance favorit saya saat ini adalah Cecelia Ahern dan saya sedang mengumpulkan buku-bukunya. Baru punya enam nih. Kalau ada yang nemu buku Cecelia Ahern kabar-kabarin ya.

7. BIG NO untuk buku dengan cerita horror. Saya nggak suka banget. Iya Cuma gara-gara saya penakut sih *tutup muka*

8. Dulu saya bingung tiap kali membaca komik. Bingung aja baca kotak-kotaknya itu (katrok emang…hahaha). Tapi sekarang udah enggak kok, sudah bisa enjoy baca komik. Tapi saya bukanlah penggemar komik. Saya hanya mengoleksi satu judul komik yaitu Hai Miko! yang terbitnya sekali setahun -___-

9. Saya suka merekomendasikan buku kepada teman-teman saya (sering ditanya-tanya juga sih). Yah meskipun saya tahu kalau selera orang beda-beda ya. Tapi nggak ada salahnya buat ngasi saran buku yang perlu dibaca biar orang lain ketularan jadi senang baca.

10. Saya percaya bahwa Buku memang punya kekuatan yang luar biasa untuk manusia. Buku yang baik bisa membawa manusia kepada kebaikan dan begitu pula sebaliknya, buku yang buruk bisa membawa keburukan. Buku juga bisa menjadi jembatan persaudaraan yang baik seperti halnya saya yang bisa kenal dengan teman-teman BBI berkat buku *senyum lebar*

     Nah sekian pengakuan dari saya. Sebenarnya daftar ini bisa saja lebih panjang lagi dari ini kalau saya berpikir lebih keras. Tapi, berhubung Divisi Event melarang untuk berpikir keras karena ini sifatnya buat seru-seruan dan sharing saja maka saya cukupkan sampai di sini ya :D


#BBIBookishConfession



4 komentar:

  1. Eeehh... padahal kalo kisah romens dg ending nggantung, bisa happy bisa sad ending, kan lebih mbekas, Azmi, karena endingnya bikin gondok wahahahaha....

    BalasHapus
  2. Sama banget di bagian Bapak nggak suka lihat baca novel dan harus baca buku pelajaran, samaaaa banget, makanya selama ini aku kalo beli novel pasti pakai uangku sendiri, hahaha. Dan ya, aku juga penggemar happy ending garis keras XD

    BalasHapus
  3. Nah terjawab sudah alasan kesukaan Mbak Asmi akan Kak @hurufkecil eh akan puisi *kedip-kedip puitik

    BalasHapus
  4. Me too Mba, saya juga kayanya tahun ini baru pertama kali ikutan Posbar bulan ini. Mudah-mudahan besok semakin semangat :D

    BalasHapus