Kamis, 07 Januari 2016

Resolusi Buku Tahun 2016

Belum telat kan ya buat nulis resolusi buku di tahun 2016. Resolusi buku yang saya maksud adalah buku-buku atau penulis yang saya ingin baca bukunya di tahun 2016 ini. Tahun ini saya sudah berniat untuk membaca karya-karya penulis luar terutama penulis-penulis yang meraih penghargaan di bidang sastra. Pasti banyak nilai plus yang bisa diambil dari karya-karya mereka. Saya ingin tahu bagaimana karya mereka bisa meraih penghargaan dan mengapa karya mereka sangat ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Akhir-akhir ini saya memang banyak membaca buku yang berbau-bau sastra dan tahun ini saya akan memantapkannya. Setelah sebelumnya saya membaca karya George Orwell dengan karya fenomenalnya 1984 dan Animal Farm, saya akan mencoba membaca karya penulis luar yang lain.



Para penulis yang karyanya ingin saya baca tahun ini adalah:

1. Orhan Pamuk.
Sudah lama saya mengintai (((mengintai))) penulis Turki yang satu ini. Saya pernah membaca ulasan tentang Pamuk di sebuah website dan langsung kepoin doi. Ternyata...whoaaa keren, pernah dianugerahi seabrek penghargaan berkat karyanya. Hal ini membuat saya semakin penasaran. Mungkin saya akan mulai dengan membaca Namaku Merah (my name is red) dan Istanbul kenangan sebuah kota (Istanbul; memories and the city). 

2. Alice Munroe.
Alice Munroe penulis perempuan yang selalu mengangkat perempuan sebagai center ceritanya (hasil baca review orang) ini menarik perhatian saya. Doi juga menerima sejumlah penghargaan atas karyanya. Saya akan mulai dengan membaca Dear Life. 

3. Haruki Murakami.
Penulis Jepang ini fenomenal menurut saya dan pemikiran-pemikirannya juga menarik, kebetulan saya follow dia di twitter. Tahun ini saya ingin membaca karyanya sampai tuntas. 

4. Jhumpa Lahiri.
Penulis keturunan India ini juga menarik perhatian saya. Ketika beberapa waktu yang lalu saya membaca sinopsis The Lowland di Books and Beyond saya langsung memutuskan untuk membelinya. Yaa....kisah persaudaraan dan keluarga di tengah krisis serta tragedi yang disuguhkan Lahiri dalam The Lowland bisa menjadi bacaan yang memperkaya jiwa.

5. Gabriel Garcia Marquez.
Penulis buku terkenal One Hundred Years of Solitude ini juga sangat ingin saya baca karyanya. Pasti butuh perjuangan untuk bisa mendapatkan karya Marquez hari ini. Tapi saya berharap tahun ini saya bisa membaca salah satu bukunya.

6. Ernest Hemingway.
Belum satupun buku dari penulis terkenal ini yang saya baca. Tahun ini saya akan mulai berburu dan membaca karya-karyanya. Mungkin mulai dari The Old Man and The Sea.

Yups...sekian catatan ini dibuat sebagai pengingat bagi diri saya sendiri. Semoga resolusi in bisa terwujud yess..

#AyoBacaBuku (ngikut hestek mas Steven)

2 komentar:

  1. Murakami nggak ada di Twitter. Yang kamu follow mungkin akun unofficial.

    BalasHapus
  2. Whats? masak mbaop? jadi selama ini aku follow siapa --"

    BalasHapus