Jumat, 08 Januari 2016

[Book Review] Melihat Api Bekerja, Kumpulan Puisi - Aan Mansyur

Judul                : Melihat Api Bekerja, Kumpulan Puisi
Penulis             : M. Aan Mansyur
Halaman          : 155 Halaman
Penerbit           : Gramedia Pustaka Utama
ISBN               : 978-602-03-1557-7

Buku kumpulan puisi ini spesial karena tidak hanya berisi puisi tetapi juga ada lukisan di setiap halamannya. Ini adalah kombinasi yang menarik. Meskipun setiap lukisan tidak menggambarkan puisi tersebut secara jelas. Kita bisa menikmati, baik puisi ataupun lukisannya secara berbeda, tergantung dari sisi mana kita melihatnya. Tidak ada yang salah dalam menginterpretasikan keduanya. 

Terdapat lebih dari 30 judul puisi ada di buku ini dengan kata sambutan dari bapak "Hujan Bulan Juni" Sapardi Djoko Damono. Aan Mansyur berhasil membuat saya larut dalam bait-bait puisinya. Saya sangat menikmati setiap kalimat dalam puisi yang dia tulis. Di saat yang bersamaan saya merasa mudah dan sulit untuk mencerna setiap kalimatnya. 

Hubungan antar manusia yang di dalamnya ada cinta dan luka menjadi tema besar dalam buku puisi ini. Dan tema ini adalah tema yang sebagian besar orang suka, maka berhasillah Aan Mansyur mencuri perhatian orang-orang. Beberapa puisi dalam buku ini menjadi favorit saya. Diantaranya puisi Belajar Berenang, Menjatuhkan Bintang Bintang, Menyeberang Jembatan, Melihat Peta, Pulang Ke Dapur Ibu, dan Barangkali. Tapi sebenarnya saya suka semua puisi-puisi dalam buku ini. Saya semakin menyukai puisi sejak membaca puisi-puisi Aan. Aan membuat pembacanya bisa menikmati luka dan cinta pada satu waktu.


"Peta memberitahuku semua harta karun tersimpan di jantung rahasia hal-hal yang hancur. Kau menggantung seperti sesuatu yang tak mampu aku namai -- mimpi atau kenangan. Di kepalaku, kau cahaya yang disaring kaca jendela berdebu. Memasukiku sebagai jiwa yang lelah"
~potongan puisi Melihat Peta, M. Aan Mansyur~

Saya menunggu buku puisi Aan yang lain.

3 komentar: