Senin, 12 Januari 2015

[Book Review] Jatuh Cinta Adalah Cara Terbaik Untuk Bunuh Diri - Bernard Batubara

Judul               : Jatuh Cinta Adalah Cara Terbaik Untuk Bunuh Diri dan cerita-cerita lainnya
Penulis            : Bernard Batubara
Halaman         : 292 Hal.
Penerbit         : Gagas Media

Saya menantikan buku ini sejak Bara mengumumkan kalau buku ini yang merupakan buku ketujuhnya akan segera terbit. Saya menantikan buku ini karena buku ini adalah kumpulan cerpen, saya lebih menyukai cerpen-cerpen yang ditulis Bara dibandingkan novelnya. Saya menyukai buku ini sebagaimana Milana (2013), buku kumpulan cerpen Bara sebelumnya. Buku dengan cover yang kece berwarna ungu ini akhirnya terbit juga.

Cerpen-cerpen dalam buku ini rata-rata tentang cinta, iya cinta. Biar kuberitahu Bara adalah spesialis dalam hal mendefinisikan dan menuliskan tentang cinta. Namun cerita-cerita dalam buku ini adalah kisah cinta yang sama sekali tidak berakhir bahagia. Tak satupun kutemui kisah cinta yang happy ending. Mengapa tega membuat cerita seperti itu? ….huhuhu

Meski tak ada yang berakhir bahagia, nyatanya saya tak bisa henti membacanya hingga selesai. Cerita yang paling membuat saya sedih adalah cerita yang berjudul Seribu Matahari untuk Ariyani, entah mengapa cerita sederhana ini membuat saya berurai air mata. Cerita tentang anak-anak yang tidak berdaya menghadapi orang-orang dewasa di sekitarnya, sedang orang-orang dewasa tersebut terus menyakiti anak-anak. Tiap membayangkan di banyak tempat pasti ada anak-anak yang mengalami hal seperti itu membuat semakin sedih.

Cerita dengan judul yang sama seperti judul buku ini tidak terlalu menarik bagi saya, meski judulnya harus diakui sangat menarik, membuat penasaran. Namun mungkin benar begitu, ketika jatuh cinta kau juga mampu bunuh diri demi cinta itu. Tokoh dalam cerita tersebut sangat yakin bahwa jatuh cinta adalah cara terbaik untuk bunuh diri.


Satu hal lagi yang harus kita akui adalah cinta tak melulu soal yang manis-manis dan yang senang-senang. Cinta juga punya sisi yang pahit-pahit, yang mau tak mau selalu bersisian dengan cinta yang manis. Jika kalian bosan dengan cerita cinta yang selalu saja memperlihatkan bahagia, maka kalian harus membaca cerita-cerita cinta yang ada di buku ini. Kalian akan menemukan hal yang spesial. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar