Minggu, 21 Desember 2014

[Book Review] Jadian 6 Bulan - Rhein Fathia

Judul               : Jadian 6 Bulan
Penulis             : Rhein Fathia
Halaman          : 190 Hal.
Penerbit           : DAR! Mizan

Buku ini berlatar belakang kehidupan remaja SMA, tentang kisah cinta. Kisah antara Tiara dengan Rio. Tiara dan Rio adalah anak SMA kelas XI, bersekolah di SMA yang sama, SMA Negeri 1 Bogor. Kehebohan yang menggemparkan seisi sekolah terjadi lantaran Tiara dan Rio jadian. Ya mereka jadian, status pacaran. Jadian mereka menjadi heboh karena latar belakang mereka yang sangat berbeda. Tiara sang gadis cantik, seorang jilbaber, aktivis Rohis, sedangkan Rio seorang bintang basket dan dipuja banyak gadis-gadis, dan dia sering dekat dengan cewek-cewek itu walaupun tidak pernah berpacaran dengan mereka.

Berita jadiannya mereka, menyebar dengan cepat ke penjuru sekolah. Banyak yang tidak menyangka kalau mereka akan jadian. Banyak yang menghujat terutama cewe-cewek yang dulunya naksir Rio atau pernah dekat dengan Rio, mereka menyindir Tiara sebagai cewek munafik. Teman-teman Tiara sesama aktivis Rohis pun tak kalah kaget, mereka mengejar penjelasan Tiara, namun Tiara belum bisa memberikan penjelasannya karena ia pikir belum waktunya.

Rio nembak Tiara jadi pacarnya karena tantangan dari teman-temannya sesama tim basket. Tiara dipilih sebagai tantangan karena Tiara adalah cewek yang tidak pernah pacaran sekalipun dan dia tidak mudah disentuh. Ternyata Tiara pun memiliki misi tersendiri mengapa ia mau jadian dengan Rio. Tiara ingin melaksanakan dakwah, ingin mengetahui lebih dalam tentang kehidupan para remaja yang maish jauh dengan ajaran Islam, sehingga dapat mengetahui cara berdakwah terbaik dalam dunia mereka.

Setelah mereka jadian, yang terjadi adalah Rio jadi beneran naksir Tiara. Ketika itu muncullah Shendi kakak Rio yang juga adalah cowok yang ditaksir Tiara, karena kesholehannya. Dan ternyata Shendi pun diam-diam menaruh hati pada Tiara. Namun mereka sama-sama memilih untuk mengubur perasaan masing-masing. Shendi pun memilih mengalah demi adik satu-satunya, karena ia melihat Rio berubah semakin baik setelah dekat dengan Tiara.

Rio jatuh cinta pada Tiara. Jatuh hati pada ketegasan, tutur lembut, dan pesona Tiara. Tiara ternyata mampu menjadikan Rio jadi lebih baik dan lebih dekat dengan Islam. Pada bulan ke enam Rio memutuskan hubungannya dengan Tiara, karena Rio telah sadar bahwa sebaik-baik Cinta hanya untuk Allah.

“Cinta bukanlah permainan. Apa pun alasannya, Cinta bukanlah sarana pertaruhan gengsi.”

Saya membaca buku ini hanya dalam waktu semalam, selain tipis namun juga lebih karena penasaran dengan kisah Tiara dan Rio selanjutnya membuat tidak bisa berhenti. Sampul novel ini keren, kece abis deh, remaja banget. Termasuk telat juga baru bisa baca novel ini sekarang (kemarin kemana aja neng :D).

Di novel ini Rhein Fathia sukses menyebarkan dakwah islam dengan tidak menggurui. Alur di novel ini mengalir dengan baik dan sangat pas. Walaupun Rhein Fathia masih muda namun dia peduli dengan para remaja dan selalu ada dakwah islam di dalam novel-novelnya, ini sesuatu yang spesial menurut saya.

Novel ini harus dibaca oleh remaja-remaja yang sedang bertumbuh, agar kau tahu bahwa cinta itu bukanlah suatu permainan. Untuk orang-orang yang peduli dengan generasi penerus. Novel ini media yang bagus untuk memberi pelajaran kepada para remaja aturan tentang hubungan laki-laki dan perempuan, tentang pacaran dalam islam.



Dapatkan novel ini di toko-toko buku. Buku ini telah di re-publish tahun 2013, setelah sebelumnya pertama kali terbit di tahun 2005

Memang benar seperti komentar Benny Rhamdani (penulis serial Kelas Ajaib), saya juga akan mengatakan demikian:

“Ceritanya seru, bikin penasaran. Baca sampai habis!”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar